Senin, 10 Desember 2012

Ngobrol bareng di Rumah Guru Kita

Ngobrol di Rumah Guru Kita
Saat  ini  pemerintah  sedang  mengembangkan  kurikulum  Pendidikan  yang  ada, Kurikulum yang dikembangkan pemerintah dikenal dengan nama Kurikulum 2013. Dalam  proses  pengembangannya,  pemerintah  melaksanakan  uji  public  guna mendapatkan  tanggapan  dan  masukan  dari  masyarakat.  Beragam  tanggapan masyarakat tentang Kurikulum 2013 ini, dari yang sangat mendukung, setengah hati mendukung bahkan ada yang menolak konsep yang disampaikan pemerintah dalam kurikulum tersebut.

Guru  sebagai  bagian  terpenting  dalam  pendidikan  harus  mengikuti  proses pengembangan Kurikulum 2013, keharusan ini disebabkan karena guru adalah yang akan  mengimplementasikan  Kurikulum  dalam  proses  pembelajaran,  kurikulum menjadi sarana untuk dapat mengarahkan proses pendidikan sampai kepada tujuan pendidikan.  Peran  guru  dalam  pengembangan  kurikulum  sangat  penting  dimana guru  menurut  Murray  Printr  (1993)  adalah  sebagai  impelementer,    adapter, developers dan researchers. Salah satu peran yang dapat dilakukan oleh Guru adalah memberikan  masukan  dan  tanggapan  atas  konsep  Kurikulum  2013  yang dikembangkan  pemerintah,  agar  kemudian  Kurikulum  yang  ditetapkan  oleh pemerintah dapat lebih sesuai dengan realitas yang dihadapi oleh para guru di kelas dan Sekolah. 

Saat  ini banyak  informasi  yang beredar  tentang  kurikulum 2013 di kalangan  guru, beragam tanggapan dan komentar guru atas kurikulum 2013, tanggapan-tanggapan tersebut  didasari  atas  informasi  yang  berkembang  di  media,  baik  cetak  maupun elektronik  serta  jejaring  social,  ada  yang mengatakan  “ah  ini  kembali  ke KBK  lagi, atau “bagaimana nasib kami guru Bahasa Inggis di SD jika pelajaran bahasa  inggris dihilangkan?, atau temen-temen Guru TIK yang juga merasa gundah gulanah dengan stuktur kurikulum 2013 yang menghilangkan Mata pelajaran TIK.? Bahkan ada yang mengatakan Kurikulum 2013 tidak punya arah yang jelas. 

Mengingat  betapa  pentingnya  peran  guru  dalam  pengembangan  dan  Penggunaan Kurikulum,  guru  harus  ikut  terlibat  aktif  sesuai  dengan  perannya  dalam pengembangan  kurikulum  2013,  maka  untuk  itu  kami  dari  Peduli  Guru  Kita (PEGITA) sebuah  lembaga non profit yang mengelola Rumah Guru Kita bermaksud menyelenggarakan  kegiatan  ‘  Ngobrol  di  Rumah  Guru  Kita”  implikasi  Kurikulum 2013 terhadap Guru Kita”. 

"Ngobrol di Rumah Guru Kita", sebuah acara diskusi santai di dalam rumah dengan format lesehan antar guru dan narasumber yang diundang, yang akan dilaksanakan pada Hari Kamis, 20 Desember 2012 jam 12.00 - 17.00 bertempat di Rumah Guru Kita Jln. Al-Hikmah No. 10 RT 01/08 Rawadenok Rangkapanjaya Baru Pancoranmas Depok. 

Ngobrol ini akan menghadirkan Ibu Itje Chodidjah seorang pendidikan dan pemerhati Pendidikan Nasional yang akan menyampaikan materi tentang Kurikulum 2013 dan implikasinya terhadap guru kita dan Bapak Setiawan Agung W Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia yang akan menyampaikan materi tentang peran guru sebagai pelaksana dan Pengembang Kurikulum di Sekolah.

Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Peduli Guru Kita sebagai bagian dari peran peduli guru kita untuk memberikan informasi tentang dunia pendidikan yang berkaitan langsung dengan guru kita. 

Siapapun anda jika seorang guru (terutama dari Depok) dapat mengikuti kegiatan ini, namun karena kapasitas Rumah Guru Kita yang tidak terlalu besar kami membatasi jumlah peserta hanya 35 orang, siapa yang daftar pertama dia akan dilayani.  pendaftaran dapat dilakukan secara online di form berikut ini. dengan batas akhir tanggal 18 Desember 2012.

Insya Allah setiap peserta yang datang akan disediakan makan siang ala kampung rawadenok dengan lauk Sayur asem, ikan asin, tempe tahu goreng, sambal, lalapan dan kerupuk, serta akan disuguhkan teh dan kopi dengan singkong, kacang dan jagung rebus.

Manual Acara dapat diDOWNLOAD disini

untuk Pendaftaran silahkan isi form berikut :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar